Dasar-dasar Binary Option

Ini Dasar-Dasar Istilah Binary Option yang Wajib Anda Ketahui

Dalam binary option ada beberapa istilah yang pasti tidak familiar bagi banyak orang. Jika memutuskan terjun kedalam bisnis binary option sebaiknya Anda mengetahui dasar-dasar binary option yang ada.

Tujuannya supaya anda tidak kebingungan dan tersesat ketika mendapati istilah-istilah baru yang akan anda temukan saat berdagang binary option. Silahkan anda pelajari dasar-dasar binary option dibawah ini.

Dasar-dasar dalam Binary Option

1. Opsi Biner

Istilah opsi biner sebenarnya merupakan sebutan lain dari binary option.

Secara sederhana, opsi biner adalah instrumen trading yang menawarkan keuntungan dari prediksi arah harga aset yang diperdagangkan. Jika prediksi Anda benar, Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai dengan persentase yang telah disepakati.

Sebaliknya, jika prediksi arah harga Anda salah, maka Anda akan kehilangan uang yang Anda perdagangkan.

2. Opsi Digital

Sedikit berbeda dengan opsi biner, opsi digital adalah sebuah instrumen trading yang memungkinkan Anda untuk berspekulasi bukan hanya terhadap arah harga secara umum namun juga perubahan harga suatu aset.

Tingkat kesulitan opsi digital ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan opsi biner. Namun jika harga aset yang diperdagangkan menjangkau ambang harga yang disepakati, keuntungan yang diperoleh jauh lebih besar dibandingkan opsi biner.

3. Akun Pelajaran atau Demo

Bagi Anda yang baru belajar binary option, Anda harus tahu apa itu akun pelajaran atau yang biasa disebut dengan akun demo.

Sesuai dengan namanya, akun demo adalah akun percobaan yang khusus digunakan untuk belajar. Dengan akun demo, Anda bisa trading di pasar yang sesungguhnya. Namun yang menarik di sini adalah tidak adanya risiko sama sekali. Dalam akun demo, Anda bisa trading di pasar yang sesungguhnya tanpa harus menggunakan uang asli.

Akun demo biasanya digunakan untuk belajar praktek trading. Meski ada perbedaan tekanan mental antara trading di akun demo dengan tradingdengan akun real, akun percobaan ini sudah cukup untuk membangun sensasi saat trading di pasar yang sesungguhnya.

4. Akun Real

Jika akun demo adalah akun pelajaran atau percobaan, akun real adalah akun yang digunakan untuk trading yang sesungguhnya.

Untuk membuka akun real, Anda harus deposit dengan nominal tertentu. Minimal deposit ini bisa berbeda-beda tergantung broker binary option yang Anda pilih. Akan tetapi, secara umum minimal deposit yang tersedia mulai di angka $10.

Berbeda dengan akun demo, akun real memungkinkan Anda untuk trading dengan uang asli. Jadi jika prediksi Anda benar, maka keuntungan yang diperoleh bisa dicairkan. Namun sebaliknya, jika prediksi Anda salah, uang Anda juga benar-benar hilang.

Karena risiko tersebut, pastikan Anda memiliki cukup bekal sebelum mulai trading di akun real. Selain itu pastikan juga untuk menggunakan “uang nganggur”. Jadi jika uang tersebut hilang, Anda tidak akan terlalu merasa terbebani.

5. Pofit dan Loss

Istilah profit dan loss dalam binary option sebenarnya sama seperti makna harfiahnya.

Profit adalah keuntungan yang diperoleh saat Anda menang trading sedangkan loss adalah kerugian yang Anda tanggung jika kalah trading.

Jika tebakan Anda benar, maka Anda akan mendapatkan profit yang secara otomatis akan menambah jumlah deposit Anda. Sebaliknya, jika Anda loss, maka uang deposit Anda akan berkurang sesuai dengan jumlah uang yang Anda pertaruhkan dalam trading.

6. Call dan Put

Binary option pada dasarnya merupakan sistem trading dengan cara menebak perubahan harga, apakah harga akan naik atau justru turun. Istilah calldan put ini mengacu pada opsi tindakan yang dipilih dalam trading.

Opsi call ini erat kaitannya dengan harga naik. Jika seorang trader binary option memprediksi harga suatu aset akan naik, maka opsi call inilah yang akan dipilih.

Sebaliknya, jika harga aset diperkirakan akan turun, maka opsi yang dipilih adalah put. Baik itu profit atau loss, keduanya berawal dari opsi yang diambil oleh seorang trader.

7. Expiry Time atau Waktu Ekspirasi

Istilah expiry time atau waktu ekspirasi ini adalah istilah yang hanya ada di binary option. Istilah ini tidak ada dalam spot trading.

Secara sederhana, expiry time dapat diartikan sebagai batas akhir yang ditentukan di awal sebelum trader membuka transaksi. Jadi jika expiry timeini tercapai, secara otomatis transaksi yang dilakukan (call atau put) akan ditutup secara otomatis.

Dalam platform trading-nya, broker binary option akan menyediakan beberapa pilihan expiry time yakni mulai dari 1 menit hingga beberapa jam ke depan.

8. Ask dan Bid

Istilah ask dan bid sebenarnya lebih mengacu pada harga jual dan harga beli sebuah aset.

Untuk harga ask sendiri, ini adalah harga jual di mana orang siap menjual asetnya di harga tersebut. Jika Anda ingin membeli aset tertentu, harga inilah yang menjadi acuan.

Di sisi lain, harga bid merupakan harga beli di mana orang-orang siap membeli sebuah aset. Jadi jika Anda ingin menjual aset, harga bid inilah yang digunakan sebagai standar.

9. Closed Position

Closed position merupakan konsekuensi dari open posisi atau membuka transaksi, baik itu call ataupun put.

Dalam tradingclosed position biasanya diambil untuk merealisasikan keuntungan (profit) ataupun menekan kerugian (loss). Namun dalam binary optionclosed position ini dilakukan secara otomatis oleh sistem sesuai dengan expiry time yang telah ditentukan oleh trader sebelum membuka transaksi.

10. Deposit dan Withdraw

Berapa banyak uang yang bisa Anda gunakan untuk trading dan berapa banyak yang Anda dapatkan, semua itu harus melalui proses yang disebut dengan deposit dan withdraw.

Deposit sendiri merupakan istilah yang merujuk pada penyetoran dana yang nantinya digunakan untuk trading. Sebaliknya, withdraw adalah tindakan menarik dana, baik itu modal ataupun keuntungan trading dari broker.

Kesimpulan

Istilah-istilah di atas akan sering Anda jumpai dalam binary option. Dengan memahami expiry time, Anda bisa menentukan berapa lama waktu ideal untuk membuka sebuah transaksi. Dengan memahami apa itu call dan put, Anda bisa menentukan posisi apa yang sebaiknya diambil.

Untuk itulah, pastikan Anda mengenal dan memahami istilah-istilah dasar binary option terlebih dahulu. Selain itu, memahami istilah dasar juga akan sangat membantu dalam mengembangkan kemampuan trading Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close